Huelee Arumbai*

Tanpa Tomma, Arumbai akan sepi dan kehilangan makna. Tanpa Tomma Arumbai hanyalah simbol kebanggaan dan harapan massa lalu.  Tatkala Tomma hanyalah bisikan dari mulut para Tanase dan Jurumudi. Maka saat itu juga arumbai menjadi onggokan kayu mati yang tertidur dibilik  paparisa di pinggiran-pinggiran pantai, meski masih terlihat dengan jelas,  hantaman gelombang pada ruas-ruas kayunya yang kokoh. Sisa-sisa keperkasaan itu hanya akan menjadi cerita ketika Tomma dilemparkan pada pohon-pohon beton disetiap Straat mata jalan. Karena Arumbai dan Tomma adalah dua kata yang tak bisa dipisahkan, saling menguatkan, saling mengisi, siang dan malam, hujan dan cerah. Lalu dari mereka tercipta ribuan mimpi dan cita-cita, dari kaki-kaki omba sampai gelombang besar ditengah lautan, dari kosong menjadi satu.

Arumbai adalah wadah harapan dan cita-cita semua anggota yang direkatkan pada tiap dindingnya. Arumbai adalah tempat setiap setiap “beta” dimusnahkan berganti “katong”, arumbai adalah tanah ini yang menhidupi setiap orang diatasnya. Dan  Tomma…. ah, entahlah terkadang saya merasa Tomma adalah sebuah kata yang sangat sakral, tomma seperti ikrar semangat orang Maluku untuk mengatakan dalam hati bahwa harapan itu selalu ada dan jangan putus asa – sedikit sempit – Tomma juga mungkin seperti bisikan angin yang memberimu kehangatan tentang rumah, pala, cengkeh, sagu dan “Jangan takut, meski gelombang sebesar langit menghadang, meski arumbai ini hanyalah kayu yang direkatkan oleh pasak dan damar dari tanahmu.. jangan takut, lihatlah ke depan, lihatlah ke depan, disana harapan selalu ada untuk orang2 yang berani ditanah ini“.

Tomma  itu hadir melengkapi setiap cita-cita yang telah diikrarkan dengan semangat dan keberanian pada arumbai. Tomma menjelma sebagai proses untuk meraih semua mimpi itu, teriakan tomma tidak hanya sekedar mengajak untuk berani melangkah terus ke depan menggapai cita-cita. Lebih.. tomma lebih dari itu kawan, Pada tiap teriakan Tomma di Arumbai akan diikuti dengan bunyi pukulan kayu didinding arumbai, bunyi ini mengisi ruang kosong tiap nada  ketukan dayung yang membentur pinggiran arumbai. Tomma mengisi tempat yang penuh cita-cita bernama arumbai dengan semangat untuk mencapai semuanya.

Lalu Huele… ah bagi aku, Arumbai Blogger belum sampai di huele dan tak akan pernah sampai selamanya, biarpun hari ini memasuki tahun ke-3 kami belum pantas untuk “Huele”. Meski sudah dewasa, berkumis, berjanggutpun kami tak akan pernah sampai di “Huele”, karena huele bukan milik kami Arumbai Blogger dan bukan pula milik para Tanase dan Jurumudi arumbai sekarang ini. Huele adalah karya peradaban yang dimiliki setiap orang dan yang pasti “Setiap generasi akan memiliki “huele” sendiri-sendiri sebagai tanda mata yang ditinggalkan bagi negeri ini”.

[Sudahkah ale bikin arumbai lalu tomma deng akhirnya huele par negeri ini sudara?]

 

Kole kole arumbai kole…..
Tana pati tana bara….. arumbai kole….
Kole kole arumbai kole…..
Tiup angin ke utara….. arumbai kole….
Manise manise su talalu manise
Sama santan dengan gula su talalu manise.

 

———————————————————
Maluku Blogger Community
Paparisa
Beta Blogger Maluku
.
.
.
.
.
.
.
.
Lalu
Arumbai
Komunitas Blogger Maluku
Selamat Ulang Tahun ke-2
.
Horomate!
———————————————————

*Huele : sebuah istilah dari bahasa tanah di Seram Selatan untuk menggambarkan teriakan penuh suka cita dan kegembiraan ketika berhasil mencapai kemenangan/tujuan.

Father, Blogger.

26 Comments

  1. kapling pertamax..
    posting bunuh diri.. maafkan semrawut sekali ini tulisan.. *selalu*

  2. Baru tahu soal Tomma disini..
    Semoga Arumbai selalu jaya di linimassa. Hheheee..

  3. Dangke banyak Al.. untuk semangat dan pengharapan ini :

    “Jangan takut, meski gelombang sebesar langit menghadang, meski arumbai ini hanyalah kayu yang direkatkan oleh pasak dan damar dari tanahmu.. jangan takut, lihatlah ke depan, lihatlah ke depan, disana harapan selalu ada untuk orang2 yang berani ditanah ini“.

    Hormat :)

  4. @Gie
    makasih bro :)

    @Wesly
    sama2 bro... selalu ada tempat di katong pung tanah sandiri. #tomma

  5. ah baru jam 11 malam WIB, belum telat kok postingannya :D

    Tomma!!

  6. ;)) tadi sama semmy kayaknya ikut jam WIB :))

  7. selamat-selamat huelee arumbai...
    semoga jaya selalu...
    ayo dong kemaren bikin posting positif tentang Maluku utk blogger :)

  8. selamat buat tanase yang sudah posting. semoga tanase bisa membawa arumbai melaju menuju laut biru

  9. Selamat ULTAH yg kedua buat Komunitas Blogger Maluku
    Keren deh
    Dapat info dari Dharma kemarin
    Salut, ayoooo semangat selalu sahabatku :)

  10. Selamat hari jadi arumbai.. salam hangat dari Surabaya. :)

  11. wah injury time yah...hehehe

  12. ayo Tanase..!!!
    bawa Arumbai terus mengarungi samudra blogshpere..!!

  13. huelee sama aja horee kali ya..

    hmm bahasanya sadiss.. keren cuy..

    arumbai tomma..

  14. Wooo..ternyata ini tentang HUT Arumbai yang ke-2 too, saya kira apaan :D
    Selamat ultah ya buat komunitasnya :)
    Sukses selalu ;)

  15. lama tak mendengar soal ini, masihkah banyak yang menikmatinya, dayungnya? hehe, selamat ultah ke-2 ya.

  16. mantap brader... B yang seng sempat posting ee..... :(

  17. *berasa nyasar ke blog makhluk planet luar*
    HUELLE!!!

  18. Salam semangat :)

  19. Met ultah ke-2 Arumbai :)

  20. Setahun jumialely [dot] com, dengan penuh penghargaan saya ucapkan Terima Kasih karena sahabat sudah pernah Menorehkan jejak cinta di rumah maya saya. I love You

  21. Kapan ya saya diundang kopdar di tanah nan elok :) pengen ke Maluku

  22. Masa sih ini postingan bunuh diri?
    Saya jadi ingat om saya kalo bicara deng logat maluku :)

  23. pengen ke amboooooooooonnnnn....

  24. @Arul
    insya allah om.. :D

    @Dhar
    xixixiixix
    hebat yah :D ahahahhaha

    @Achoe
    terima kasihhhh.... iyah om dharma udah kopdar ama dikau, aku belom iks :D

    @Sibair
    salam om sibair, terima kasih.

    @Harri
    :P~ biarin yg penting nulis

    @Daeng
    aminnn.. doa dan bantuannya Daeng..

    @Mamung
    bahasa abal2 :P

    @Zippy
    makasih bang :)

    @Kamaropini
    masih dan selalu, apalagi sayah, masih terbayang dan merasakan semangat itu :)

    @Semm
    okehhhh

    @Rosa
    *keplak2 ROsa*
    :))

    @Kakaakin
    makasih Bu :)

    @Mba Jengkol
    ayoh mba.. kapan kesiniiii, siap menampung kok ahahahah

    @Ibu Zee
    ahahaha.. iyah posting bunuh diri waktu mepet sekali :D

    @Mba Wiwik
    Pesta Blogger tahun ini harus roadshow ke Ambon. titik.

  25. benar-benar arumbai tersampaikan lewat Bang Almas!!!!

  26. kenal sama Mamung donk???

Leave a Reply