Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Tips Berlibur di Ora Beach bagi Traveller

Tips Berlibur di Ora Beach bagi Traveller

Sebutan Bora-bora Indonesia untuk keindahan Pantai Ora tidak bisa disangkal oleh siapapun, berada tepat dilekuk teluk Salemang, Pantai Ora menawarkan liburan yang tenang serta kepuasaan bagi siapapun yang mampir disana. Dengan perlindungan teluk Salemang maka lautan di depan pantai ini selalu tenang dengan terumbu yagn masih asri maka kegiatan snorkeling atau hanya sekedar menikmati senja di Pantai Ora terasa lebih sahdu.
Ora beach sendiri merupakan sebuah resort yang berdiri tepat di Pantai Ora, sejak tahun 90-an Resort ini sudah berdiri dan mengelola serta menjaga keasrian tempat ini bagi pengunjung. Sebelumnnya daerah disekitar teluk salemang ini cuma dikenal oelh turis-turis dari luar negeri saja. Namun belakangan semakin banyak orang lokal maupun indonesia mulai banyak berdatangan sehingga Ora Beach makin terkenal sebagai salah satu destinasi favorit di Maluku.

Keindahan Ora Beach yang mempesona

Cara Mudah Pergi ke Ora Beach

Banyak orang salah paham mengenai lokasi Ora Beach, terutama bagi orang yang pertama pergi ke Ora Beach, banyak yang menyangka letak ora beach tidak jauh dari Kota Ambon, Ibu kota Provinsi Maluku, padahal dari Kota Ambon atau bandara pattimura perjalanan masih harus sekitar 6 sampai 7 jam lagi sebelum anda sampai di Ora Beach.

Ini cara mudah untuk pergi ke ora beach bagi anda yg tak menggunakan paketan tour and travel. (bagi mereka yang dari luar ambon terutama)

  • Pesawat  (Jam 6.00 – 7.00 WIT)
    Jika memilih penerbangan, maka pilihlah penerbangan malam yang akan tiba di ambon pada pagi hari (Minimal jam 7 atau jam 8 pagi hari). Beberapa maskapai mempunyai penerbangan pagi seperti garuda dan lion air, namun yang paling bagus adalah penerbangan pagi menggunakan pesawat batik air. Pesawat batik akan tiba di ambon sekitar jam 6 pagi, sehingga anda tak akan terburu-buru mengejar transportasi lain untuk menuju ke ora beach.
  • Bandara Pattimura Ambon – Pelabuhan Tulehu (Jam 7.00 – 8.00 WIT)
    Dari bandara ke pelabuhan Tulehu sekitar satu jam, transportasi yang paling baik adalah mobil carter yang banyak parkir di bandara. Tidak ada taksi, bis ataupun angkot. Pilihan lain yakni ojek dengan harga sekitar 70-100 ribuan. Jika anda belum punya transportasi anda bisa cari dipintu keluar bandara (belum ada konter khusus untuk ini) anda akan ditawari oleh banyak supir, silahkan pilih yang nyaman. rata-rata transportasi dari bandara ke tulehu sekitar 200 Ribu Rupiah.
    Jika anda tiba jam 6 pagi di bandara, anda bisa minta supir untuk mencari sarapan dulu (warung nasi kuning), jangan khawatir rata-rata supir mobil ini akan dengan senang hati mengantar anda ke tempat makan yang dianggap paling enak tanpa permintaaan biaya tambahan. Anda bisa santai-santai dulu sebelum menuju pelabuhan tulehu, dimana kapal cepat akan berangkat pada jam 9 pagi.
  • Kapal Cepat Tulehu – Amahei (Jam 9.00 – 11.00 WIT)
    Kapal cepat Tulehu –  Amahei ini adalah kapal yang akan mengantarkan anda dari pulau ambon ke pulau seram. Kapal cepat paling pagi menuju Amahei berangkat Jam 9.00 WIT tepat. kadang malah kurang dari itu kapal ini sudah berangkat, sehingga jika anda terlambat anda akan membuang waktu sehari di ambon atau menyia-nyiakan perjalanan anda.
    Untuk harga tiket kapal, dari tulehu ke amahei ada dua jenis tiket yakni Tiket VIP dan Tiket Ekonomi, TIket VIP di bandrol Sebesar Rp. 260.000/orang sedangkan ekonomi sebesar Rp. 120.000.
    Sedangkan jadwal kapal pada tiap harinya sebagai berikut.
    1. Pelabuhan Tulehu  ke Pelabuhan Amahei (Pulau Ambon ke Pulau Seram):
    Senin-Sabtu : jam 9 pagi dan 4 sore
    Minggu: jam 11 siang
    2. Kapal Pelabuhan Amahei ke Pelabuhan Tulehu (Pulau Seram ke Pulau Ambon)
    Senin-Sabtu: jam 8 pagi dan jam 2 siang.
    Minggu: jam 3 sore.
  • Amahei – Salemang (sekitar 3 Jam)
    Sesampainya di pelabuhan amahei, maka perjalanan anda sudah hampir separuh untuk menuju ora beach. agar anda bisa menuju salemang, jika anda sudah punya jemputan atau ingin cari mobil carteran anda bisa langsung aja cari di pelabuhan. dengan tarif flat dari Amahei sampai desa Salemang sebesar 700.000. Atau alternatif lain yaitu menggunakan angkutan kota biasa dengan biaya sebesar 100.000/orang. Dengan cara dari Amahei anda harus naik angkot ke kota masohi dengan biaya sekitar 10Ribu/orang disana anda menuju terminal mobil salemang untuk mencari angkot menuju desa salemang.
    Rekomendasi paling enak adalah jika anda ingin ke ora beach pada saat anda booking kamar anda bisa langsung tanya soal transportasi ini entah yang sistem carter atau memakai angkot. Biasanya pemilik hotel mempunya kontak ke nomor telpon supir2 sampai ke angkot yg bisa menjemput anda langsung ke amahei.
  • Salemang Ora Beach (15-20 menit)
    Sampai di desa salemang, anda tinggal menggunakan speed boat atau katinting yang banyak tersedia di pelabuhan desa salemang dengan tarif, 150 ribuan sekali jalan menuju ora beach.
  • Rate Harga Kamar Ora Beach
    Kamar darat Rp400.000/malam
    Kamar gantung Rp500.000/malam
    Kamar laut Rp700.000/malam
    Makan Rp 250.000/orang/hari (sarapan pagi, makan siang & malam serta teh/kopi/snack sore)
  • Tour yang di tawarkan di Ora Beach antara lain.
    Tour Tebing batu dan mata air Belanda (Snorkeling dll) Rp 500.000/speed boat (max 10 orang)
    Tour sungai Salawai Rp800.000/speed boat (max 10 orang)
    Tour Sungai Salawai, pulau Raja dan pulau Kelelawar Rp 1.200.000/speed boat (max 10 orang)
  • Aktivitas yang bisa dilakukan di ora beach selama berlibur. Snorkeling, tracking, sunset. Ini beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di ora beach

 

Selamat Menikmati Ora Beach…

 

btw yang terakhir, ini gambar dibawah ini cuma ingatin aja sih kalo Berlibur ke Ora Beach itu….

Travelling di Ora Beach (17)

 


Leave a comment