Wall of Fame #TrotoArt

Paparisa Ambon Bergerak, Rumah Impian Komunitas Kota Ambon

Pasca sedikit tragedi 11 September 2011 yang cukup menyentak gerakan komunitas muda di kota ambon ini. Komunitas-komunitas kreatif yang baru mulai membangun dengan penuh semangat yang bergejolak untuk menghadirkan beragam kegiatan kreatif di Kota Ambon. 11 September juga melahirkan gerakan “Provokator Damai” yang berjuang untuk melakukan provokasi-provokasi bernada damai untuk melawan provokasi yang membuat masyarakat kota ambon begitu was-was. Lalu kemudian, melahirkan “Gerakan Badati”, sebuah gerakan damai dengan mediasi perdamaian ala warung kopi. Sampai pada gerakan “#SaveAru” yang cukup berhasil membantu masyarakat Kepulauan Aru dari pencaplokan tanah-tanah adat Mereka.

Namun dari semua itu, ada kegelisahan panjang, kegelissahan yang muncul pelan-pelan dari dalam diri setiap anak muda. Bukan kegelisahan karena kekurangan apapun. Namun kegelisahan karena setiap gerakan yang menghimpun banyak anak muda di kota ambon dari setiap komunitas berbeda tidak mempunyai satu tempat yang tetap untuk terus melakukan hal-hal kreatif. Setiap gerakan ataupun setiap kegiatan komunitas harus berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Entah itu di Cafe, lapangan maupun ruang terbuka dimana saja atau di rumah-rumah warga. Yang jelas tiap tempat ini tidaklah membuat semuanya menjadi maksimal.

Mimpi untuk memiliki sebuah rumah atau tempat yang bisa digunakan secara bersama bagi seluruh komunitas di kota ambon maupun maluku terus mengendap, pada pembicaraan-pembicaraan santai, impian itu selalu berdengung. Dan memang, jika punya mimpi selalu ada jalan. Hingga pada Januari 2015 silam impian itu menjadi nyata dengan hadirnya sebuah rumah yang diberi nama “Paparisa” Ambon Bergerak.

Paparisa dalam bahasa Ambon artinya sebuah rumah (gubuk, huma) di kebun atau di mana saja seperti pos ronda begitu yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk beristrahat, ngobrol atau berbagai kegiatan lainnya. Ambon Bergerak sendiri bukanlah sebuah komunitas, organisasi, lembaga ataupun yayasan. Namun, #AmbonBergerak merupakan sebuah semangat, sebuah tagline untuk menegaskan keinginan anak muda dan generasi maluku siapapun adanya itu. Semangat untuk membangun diri, Maluku, maupun Indonesia dari Timur.

Beberapa hari lalu, salah satu stasiun televisi swasta meliput Paparisa beserta isinya. Singkat, tapi ini mengaduk perasaan siapa saja yang pernah jatuh bangun bersama-sama memulai gerakan-gerakan kreatif di kota ambon melalui komunitas-komunitas. Semacam ‘kalalerang’ selama itu terbalas tuntas dengan hadirnya Paparisa. Meski di sadari bahwa berdirinya rumah ini adalah sebuah langkah awal dari gerakan yang panjang dan tak akan pernah habis-habisnya.

Sejak Januari sampai sekarang, Paparisa #AmbonBergerak ini pelan tapi pasti memulai menghadirkan mimpi-mimpi mereka meski masih belum banyak yang dilakukan namun pelan tapi pasti Paparisa mulai memberi warna bagi gerakan komunitas di Kota Ambon. Paparisa sebagai rumah anak muda di Kota Ambon, meski masih kecil dan sedemikian muda umurnya namun saya berharap semoga rumah ini bisa menjadi tungku bagi bangkitnya anak muda kreatif di kota Ambon, Maluku dan Indonesia.

Sampai saat ini di Paparisa Ambon Bergerak, komunitas-komunitas yang tergabung didalamnya terbagi dalam 5 alur besar yang masing-masing di fasilitasi oleh satu orang yang dipercaya sebagai fasilitator untuk memanfaatkan Paparisa tersebut. Pendidikan, Seni, TIK, Pariwisata dan Multimedia merupakan lima kelompok alur yang bisa menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan kreatif komunitas di kota ambon. Sedangkan komunitas-komunitas sendiri sudah ada sekitar 16 komunitas yang hadir dan aktif melakukan kegiatan bersama di rumah tersebut.

Untuk informasi lain tentang kelas-kelas yang dibuat di Paparisa atau cerita tentang kegiatan-kegiatan komunitas di kota ambon dapat di akses melalui website resmi #AmbonBergerak – ambonbergerak.id atau untuk update terbarunya bisa diakses ke twitter – @AmbonBergerak dan Page Facebook: Ambon Bergerak! Atau, jika anda sedang berlibur, travelling di kota ambon, silahkan main ke Paparisa #AmbonBergerak di: Jl. Diponegoro, Lrg. Sagu No. 58
Ambon – Maluku.

<p>Aba dari Nadi, pecinta senja, jalan-jalan.</p>

One Comment

  1. […] Paparisa Ambon bergerak, adalah sebuah ruang yang berdiri dengan cita-cita yang sederhana, sekedar untuk menjadi sebuah ruang pertemuan berbagai anak muda yang bergerak maju memulai sebuah perubahan dari diri sendiri secara bersama-sama. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *