Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Pesona Keindahan Danau Soli, Seram Timur

21 Mar Posted by in featured, Photography | Comments
Pesona Keindahan Danau Soli, Seram Timur

danau-soli-yang-indah

Menggunakan speed saya dan teman-teman bergerak dari Pulau Gorom menuju Amarsekaru, perjalan sekitar 1.5 jam dalam gelombang yang lumayan kencang membuat diri terpaksa berlindung dibalik terpal-terpal speedboat sambil tiduran, namun tak lama di tengah perjalanan awan hitam disertai hujan deras turun bikin rasa dingin makin bertambah namun makin semangat untuk mencapai Danau Soli. Sebuah tempat yang sangat terkenal di daerah seram timur karena keindahan alamnya yang jarang ditemui di Maluku.

Mencapai pulau Manowaka-amarsekaru, hujan sudah berhenti namun masih awan hitam masih berarak, dengan menahan dingin kami pun menembus perkebunan kelapa. Menelusuri jalanan setapak yang terpaksa harus hati-hati karena licinnya. “sekitar dua ratus meteran bang lagi kita sampai ke danau soli” kata salah seorang teman yang kebetulan warga disana. Exited, melihat pemandangan pepohonan kelapa dan kadang paparisa2 kecil tempat petani kelapa beristrahat. Tak lama, dari balik pepohonan-pephonan yang rindang terhampar warna biru yang bikin hati langsung pengen berenang. Saya ga pernah membayangkan di sebuah pulau kecil begini ada danau yang sangat indah dan jarang tersentuh wisatawan kecuali warga lokal yang piknik.

danau soli e (3)

Beberapa rumah peristrahatan terlihat sudah dibangun oleh pemerintah kabupaten setempat untuk sebagai tempat peristarahatan orang-orang yang menuju ke sana disekeliling danau ini. Meski ga terlalu terawat namun cukup nyaman untuk berteduh ataupun tidur-tiduran sambil ngomong pemilu *apeu*.

Danau Soli terletak di ujung Pulau Manowaka/Amarsekaru Kec. Gorom yang sekarang sudah masuk menjadi bagian dari Kabupaten Seram Bagian Timur, salah satu kabupaten yang baru mekar beberapa tahun lalu di Maluku. Beberapa Mil sebelah timur dari Pulau Banda terdapat jejeran tiga pulau kecil yang membentuk segitiga, ketiga pulau tersebut yakni Pulau Gorom, Pulau Panjang dan Pulau Manowaka atau oleh warga lokal  sering disebut sebagai Amarsekaru.

Danau Soli sendiri berada di ujung pulau Manowaka ini, dengan jalan kaki sekitar 200 meter dari bibir pantai serta tersembunyi di antara pepohonan kelapa dan juga pohon-pohon yang rindang. Terdiri dari dua bagian yang tidak terlalu berjauhan. Danau Soli yang agak kecil yang biasa dijadikan tempat rekreasi bagi keluarga dan juga Danau Soli besar yang pada sekelilingnya berjejer tebing-tebing batu sekitaran 10 meter yang membuat-nya seakan-akan sebuah kolam yang ditusuk pada bebatuan.

Soli; dalam bahasa gorom adalah sebutan untuk daerah dangkal di laut dan berwarna biru serta kita bisa melihat terumbu karang dari atas karena air yang bening, sehingga Danau Soli bisa dibilang sebagai danau yang air yang kebiru-biruan yang dapat kita lihat bagian bawah dari danau tersebut. *halah*

danau-soli-kecil-pemandangan

Soli : Biru dan jernih bikin pengen nyebur.

danau soli e (4)

Terjun bebas. its free!

danau soli e (2)

Jembatan kecil diantara pepohonan alami yang menghubungkan danau soli kecil dan besar

danau soli e (6)

Pemandangan Danau Soli Besar

Namun, sebenernya kalo saya bilang sih Danau ini adalah mata air alami yang sangat besar karena dua danau ini sendiri masih tersambung ke laut, masing-masing danau mempunyai satu aliran sungai kecil yang mengalir langsung menuju ke laut. Kita bisa menggunakan perahu/speedboat untuk bisa masuk langsung dari laut menuju jantung danau soli. Pada masa lalu menurut cerita warga, banyak wisatawan bule yang menggunakan perahu  dari kapal-kapal mereka yang diparkir didepan pulau ke Danau Soli yang besar untuk menikmati pesona Danau ini.

Saat ini untuk menjangkau Danau Soli bisa menggunakan.. engg.. engg… enggg.. engggg.. *rumit oi hahahaha. Perjalanan jauh dan berganti-ganti transportasi membuat saya bingung mo nulis gimana* yang jelasnya untuk menjangkau pulau dengan cara sedikit gampang adalah jika perjalanan dari Kota Ambon bisa menggunakan kapal perintis atau kapal pelni tujuan ke Pulau Geser dan dari sana kita bisa nyebrang menggukan kapal kayu menuju Pulau Gorom, yang dilanjut menggunakan Speed Boat ke Pulau Manowaka/Amarsekaru. Perjalanan menggunakan mobil enggg.. setidaknya bisa tiga hari dengan komposisi, Mobil 12 jam, kapal laut 8 jam, dan speed boat 2 jam. *teler sudah*

Setidaknya butuh semangat dan juga kemauan yang besar untuk berwisata kesini. Meski sebenarnya bisa dibikin sebuah trip yang lumayan menarik sehingga tidak rugi datang kesini, karena di seram timur Soli hanyalah sebuah surga kecil yang jarang terjamah oleh orang lain. Ada beberapa tempat yang nanti akan saya ceritakan pada waktu dan lain kesempatan. *halah*

 


Leave a comment