Melawan “Kerus*han Ambon” di Google

12 Tahun lalu tragedi kemanusiaan telah memporak-porandakan Kota Ambon, namun tidak hanya kota kecil ini hampir keseluruhan Propinsi di Maluku kena imbas dari kerus*han itu. Tragedi itu tidak hanya tertanam dan melukai benak dan hati orang Maluku, tapi boleh tanyakan kepada setiap orang Indonesia tentang Ambon atau Maluku, maka yang teringat adalah kerus*han tersebut. Tak terhindari, cap sebagai daerah yang tak pernah “Aman”, Daerah yang identik dengan kerus*han, daerah yang… ah berderet2 lah, barometer berita terbesar sudah pasti Media, karena media *maaf* mungkin lebih banyak menyoroti tentang “kerus*han” dan hal-hal kekerasan tentang Kota Ambon ini.


Kota yang terkenal dengan nama Ambon Manise dari atas Gunung Nona

Tapi saya percaya, tidak semua orang percaya hal diatas, banyak orang yang percaya Ambon itu lebih indah seperti dulu, seperti Pulau Banda yang masih dan akan terus terkenal sampai kiamat (semoga) dan tempat2 lain yang tak kalah indahnya. Dan dengan pemahaman yang lebih jauh lagi, Insya Allah, stempel tentang “kerus*han” daerah yang tak Aman akan hilang dengan sendirinya, orang ambon akan menunjukkan kepada dunia tentang arti “Ambon Manise” itu. Yang dulu takut ke Ambon karena takut, maka sekarang udah pasti tidak bisa tidur karena belom menginjakkan kaki dan menhirup udara Ambon.

Nah berhubungan dengan diatas, saya sampai sekarang masih sedih jika melakukan pencarian di Google, 😥 baik diweb atau dengan metode Image dengan Keyword : “Ambon”, bagaimana tidak pada pencarian di google web atau image masih ada web-web yang berisi konten “kerus*han” nongol di halaman 1 sampai seterusnya, tak banyak memang, tapi sudah cukup untuk memberikan gambaran bahwa Ambon masih berbau kekerasan. Tapi hal itu tidak termasuk ketika melakukan pencarian dengan keyword “Maluku”.


Hasil Pencarian “Ambon” dengan Google Web


Hasil Pencarian “Ambon” dengan Google Image


Para permain CEO pasti mengerti mengenai metode pencarian di mesin Google, hukum tentang sebuah web untuk tetap nangkring di pejwan google seperti Lokasi, Frekwensi dari Meta Keyword, Link, Click Through, dan lain-lain pasti dipahami dengan baik. Dengan teknik begitu pula maka bisa dipahami jika selama 8 tahun konten-konten berisi “kerus*han Ambon” “Tragedi Ambon” membanjiri internet. Maka jangan heran jika tanda-tanda kerus*han itu masih ada di Google web ataupun google image.

Ini adalah tantangan dan tugas semua orang Maluku yang mengerti dan memahami Internet untuk melawan “kerus*han Ambon* menghilangkan dan mendorong semua hal tentang “kerus*han & tragedi” itu ke halaman paling akhir di Google, sehingga yang nampang di halaman pertama google adalah konten2 positif tentang Ambon/Maluku saja untuk melawan kerus*han itu di dunia maya, bukankah di dunia nyata saja kita mampu untuk melawan dan melupakan tragedi yang telah memberikan pelajaran bagi kita? bahkan provokator-provokator yang masih berkeliaran disekitar kita pun mulai kecapekan untuk menghasut orang-orang Maluku agar kembali ke tragedi itu, itu adalah kemenangan terbesar kita dan sekarang mari kita mengalihkan pandangan itu ke dunia internet, pertama dan sudah pasti ke Google, karena dia kalo boleh dibilang Tuhan di internet sekarang ini. Bagaimana caranya ? 💡
1. Buat blog, inget blog! bukan facebook!
buatlah sebuah blog, dimana saja entah dagdigdug, blogdetik, kompasiana, blogspot, wordpress ataupun politikana. dll. lalu tulislah hal-hal yang positif tentang Maluku/Ambon. Kenapa tidak facebook? karena sampai saat ini, setau sayah artikel2 yang ada di facebook, photo-photo dan apapun konten yang ada di Facebook tak di index sama google atau mesin pencari.
2. Masukkan gambar tentang Ambon, tak perlu dari kamera yang bagus, Hp, pocket, scan, bahkan lukisan sendiri pun tak apalah yang penting adalah gambar-gambar tidak termasuk dalam kekerasan atau pun tentang hal-hal negatif.
3. Beri judul yang ada kata-kata “Ambon, Ambon Manise, Maluku” dll.
4. Buat kategori : Ambon, Kota Ambon, Maluku. dll.
5. Buat Tag : Ambon, Kota Ambon, Maluku, dll.
6. Bagaimana dengan twitter? bisa juga lewat twitter, tapi yang paling efektif adalah dengan Blog, karena dengan blog bisa ditampung segalanya, lagian twit kalo ga salah pada angka twit kesekian telah terhapus, sedang blog bisa permanen selamanya. (bagi yang gratisan) kalo yang berbayar maka berdoalah yang punya blog selalu punya duit untuk terus membayar blognya kayak saya begini *halah*

Percayalah! Poin 3 sampai 5 sangat berpengaruh sekali dengan hasil pencarian, apalagi judul sebuah posting sangat cepat sekali di Index oleh google dan siapa tau blog atau situs anda menjadi nongol di halaman 1 google untuk keyword “Ambon”.

Dan sebenarnya setelah menulis semua sampai di poin2 ini, saya pun baru sadar bahwa dengan menuliskan kata “kerusuhan” ambon secara lengkap begini, membuat saya termasuk dalam salah satu penyumbang terbesar hasil pencarian google itu. 😳 *getok kepala sendiri* jadi mulai dari posting ini , setiap kata kerusuhan akan diganti dengan “kerus*han Ambon” sehingga mesin pencari google kebingunan untuk nyari dan hanya me-index kata “ambon” *tertawa licik* 👿

Seiring dengan hal itu, para pembaca yang terhormat dimana saja *halah belaga kayak pembacanya ribuan orang* :mrgreen: mohon dimaafkan juga kalo sayah sering mengupload gambar banyak-banyak dan menempatkannya memenuhi halaman tanpa menggunakan plugin photo gallery, karena hanya ingin lebih banyak lagi memasukkan konten2 positif tentang Ambon dan keindahannya diinternet, serta mendorong kerus*han kehalaman penutup dari mesin pencari Google dengan keyword “Ambon” 😳

Bukankah Ambon itu Indah?


“Mandi aer masing” Lokasi : Desa Morella Pulau Ambon Foto : Mas Adryan

Sebuah Sudut di Pattimura Park Photo By Mas Adrian


Christina Tetelepta si Nona Ambon dengan konde bunga rong & baju kabaya menari tari lenso Photo by Mas Adryan.


Langit Senja dari Tanjung Batumerah Kota Ambon. Manis ga? Photo by Almascatie


“Pattimura Muda” senja suatu hari di Pattimura Park, Kota AmbonPhoto by Almascatie

Menangkap Matahari Desa Tenga-tenga, Pulau Ambon Photo By Almascatie

Terakhir photo nona-nona Ambon.. 👿 photo by mas adryan

*dikeplak* itu bukan nona Ambon, itu Nona-nona asal Bali yang tinggal di Ambon sedang merayakan Nyepi di Kota Ambon kemarin. 😳

Aba dari Nadi, pecinta senja, jalan-jalan.

35 Comments

  1. good job, brader. good job. semoga misimu berhasil menggusurnya ke page bawah. salut.

  2. semakin sering update si abang ini...baiklah saya akan mencoba membantu...btw bang ada ralat sedikit kek nya bukan CEO deh tapi SEO hehehe thx

  3. pengen nanya doang... kenapa nulisnya mesti "kerus*han" ?
    apanya SM*SH ya itu?

  4. mantap bos, bukan hanya orang maluku/ambon aja, yg lain juga bisa menuliskan...
    *sy ingin berpartisipasi juga*

  5. Bro..
    saya juga mau ikut berpartisipasi. tapi masih bingung soalnya saya belum pernah ke Ambon.
    tapi Insya Allah..saya akan ikut membantu sebisanya..

  6. @Eby
    lho yah, kok misiku, misimu, misi arumbai, misi yang merasa putus pusa di Maluku dah :D

    @Harri
    thanks Har, eh anu, lagi gerat sedikit, ntar kalo males yah hiatus lagi ahahaha..
    oh iyah :)) ntar diedit, makasih bro.

    @Chic

    pengen nanya doang… kenapa nulisnya mesti “kerus*han” ?

    soalnya kalo saya nulis kerusuhan ambon < secara lengkap begini, sayah pun termasuk penyumbang "Saran pencarian" tentang konten2 yang berbau kerusuhan tersebut di internet :)

    @Arul
    thanks Rul, senang sekali rasanya. :) *menanti*

    @Daeng
    hiks, tulisan tentang Usi Luna Vidya kemaren juga sudah membantu sekali kan? tulisan tentang orang2 Maluku yang bisa jadi teladan untuk anak muda. aku malah belom posting, masih nyangkut di Draft :))

  7. mantap...
    dr pada tiap hr update status yg z jelas, lbh baik buat blog yg bisa ubah pandangan orang tentang maluku...

  8. Nah gitu dong update, dari tahun lalu saiyah menunggu update blog ini bro.... #dikeplak

    #eh mana foto hunting kemarin?

  9. Aahhh..
    Ambon itu memang indah kok.
    Indah sekali. Mari kita sama-2 bersihkan keyword Ambon yg selalu berkaitan dengan kerusuhan. Bikin gerakan menulis dengan keyword Ambon Manise saja, bagaimana? :)

  10. Bagus lawang brurr pung ide tuh,bet'dukung,bet'buat...

  11. Subhanallah. Mantep pemandangannya!
    Btw, dulu waktu ada kejadian itu oom almas ada dimana? Ngumpet?

  12. haha,
    terkecoh gambar terakhir,
    kirain di Ambon ada pakaian sama kek Bali :lol:

    Ok deh,
    Hidup Ambon...

  13. shalom... setuju bu... saya juga sedang mengumpulkan informasi untuk temen-temen yang memiliki informasi yang SEDIKIT tentang MALUKU (AMBON)..... MAJU AMBON ku.... damai MALUKU....

  14. Good job bang. beta bantu toma dari blakang. mari katong gusur citra buruk Ambon dengan posting tentang keindahan Ambon.
    untuk ide pembuatan katalog bahasa tanah/kata-kata dari bahasa ambon beta sepakat skali. itu ide yang sungguh cemerlang.
    setelah dipikir-pikir beta lebih sepakat lagi dengan nama MALUKUPEDIA. namanya lumayan caem.

  15. yang terakhir nona2nya cantik...hehehehe

  16. potonya bagus2
    idenya pun mantabs
    omong-omong pakai kamera apa, bro?

  17. mulia banget itu bro
    keyen

    Tusa juga bakal bikin u/ melawan bawean 3g*

  18. aku setuju ... ambon manise .. dr kotanya, alamnya, orang2nya *emang bener bnykyg manis* :P, sampai suara2 orang ambon itu sungguh2 manis untuk telinga.

    kapan2, kalo emang bisa jalan2 ke ambon..aku posting juga degh ttg ambon :)

  19. Ya, saya yakin --meskipun belum pernah ke sana-- Ambon itu indah. :)

  20. yup benul itu...hayo hayo sering2lah nulis yang baik2 tentang ambon... :-)

  21. tenang mas,,
    Ambon dalam pikiran saya masih Ambon yang dalam pelajaran sejarah, kaya rempah-rempah, dan surganya laut,,
    sayang saya belum juga pernah ke Ambon :(

  22. Ambon, indah kok. ya... kampanye tulisan tentang Ambon harus digalakkan, biar keyword "ker*s*han' nggak terlalu banyak untuk Ambon

  23. om,tulis tentang sm*sh donk... :mrgreen:

  24. hayah, keren idenya. mudah-mudahan banyak yang mengikuti

  25. Hmm, sampe sekarang tiap ditanya "darimana asalnya?" dan saya jawab "AMBON" pasti langsung dikaitin sama kerusuhan..
    Tetapi saya pasti dengan sabar ngejelasin, Ambon itu indahh dsb.. dan gak ada sangkut pautnya sama kerusuhan lagi,,

    abang,
    poto baguss eee..
    b maling fotonya eeeeee? heee

  26. Oo karena ini Mas Arul nulis Ambon Manise..
    Salut!

  27. mantabs cuy..
    semoga om google-nya cepet tau kalo sekarang ambonnya sudah indah manise..

    *lirik atas* itu namaku sudah nyumbang tag ambon indah kan..?? :lol:

  28. tambah lagi nih..
    woooiii om google, ambon tuh indah ambon manise ambon menakjubkan..
    kalo gak percaya datang kesini, via bandara Pattimura ambon, dari jakarta cuma 3,5 jam kok..
    kalo naik kapal bisa 4 hari, tapi bisa menikmati laut maluku yang indah juga, ntar turunnya di pelabuhan Yos Sudarso Ambon yang indah juga.. :lol:

  29. @Relvie
    update setatus boleh saja cuman biar lebih bermanfaat aja kan :)

    @Dharma
    foto hunting kemaren terhapus semua :(

    @ibu Zie
    semoga banyak yg nulis untuk melawan ini bu :)

    @Hendry
    bikin blog yuk bung :)

    @Abu Umar
    *sepak*

    @Ale
    hehehehhe.. banyak yg ga mengira lho Bang, aku sendiri ga nyangka kalo merka rupanya banyak disini juga :)

    @Ola
    semangat kita sama, bung pung email atao facebook? katong baku tukar informasi bisa ? :)

    @Iki
    jadi kapan katong dudu bicara itu babae ?

    @Har
    udah har, kalo kopdar penyakit udah sama jangan di dunia mya lagi yah hahahah

    @Goop
    aku pake D70 om :D

    @Rusa
    hah? bawean terkenal 3g? hayok lawan yok Rus :)

    @Bundanya Nadine
    kalo sampe disini jangan lupa kontak kita yah bu, siapa tau bisa jadi guide :D

    @Mas Asop
    kapan mas e main kesini?

    @Desni
    insya allah.. makasihh..

    @Mba Y
    nah kan, ambon manis tapi belom kesini, jadi tahun depan trip ke ambon yah mba ahahah

    @Ello
    setuju Lo, hayok galakkan.

    @Om Iqbal
    *tendang* :LOL:

    @Om Warm
    aminnn.. semoga saja :)

    @Onco
    iyah sih, tapi sabar juga kan ada batasnya :) ini tugas kita jadi tidak hanya pake jelaskan tapi bukti pun ada :)
    silahkan Onco.

    @Gie
    :) iya.. om arul lansung cepat, makasih yah :D

    @Mamung
    buset dah, di komen pun kena ahahah mantap2
    :D ga sekalian hetriks?

  30. [...] dari beberapa teman-teman di Blogger Maluku Arumbai maupun di Ambon Bergerak, terutama setelah baca postingannya Tanase Almascatie, akhirnya terbesit keinginan untuk menuliskannya juga di blog ini. Rasa yang bercampur aduk itu [...]

  31. Wah nice analisi keep semangat

  32. perkenalkan saya abd azis ws. salah satu development blankon linux www.blankonlinux.or.id, memohon izin menggunakan foto anda pada bloq
    http://almascatie.com/wp-content/uploads/2011/03/183948_10150116639324015_642504014_6321151_2637961_n.jpg ("pattimura muda")
    untuk selanjutnya kami gunakan sebagai tema wallpaper sesi 17-8-2011 pada distro linux kami. selanjutnya saya lakukan pengedit seperlunya disesuaikan pada gambar layar.
    atas izin saudara kami sampaikan terima kasih.

    Nb. Untuk Hasil Akhir setelah saya edit,. akan saya lampirkan/kirimkan pada email.

  33. waaah terima kasih gan sharenyaa ini cukup membantu saya...salam kenal yaa

  34. Ambon manise...yang menjadi rebutan bangsa bangsa Eropa sejak jaman dahulu.Saya membaca sedikit sejarah Ambon dan sangat tertarik. Walaupun Saya belum pernah kesana tapi saya yakin suatu waktu saya pasti akan berkunjung ke sana. Maluku..Ambon...Pulau Kei...pasir putih...laut biru... PERFECT!!!!

  35. Maluku menyimpan banyak potensi wisata yang bisa go internasional. Semoga Maluku trs kondsif jadi gw brani melancong ksn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *