mhc

Puritan : Provokatif Untuk Maluku

“dengan Puritan, kami ingin kembali pada kemurnian hidup sebagai manusia Maluku yang sejati.,”

 

Lagu “Puritan” dari Morika dan Frans adalah lagu yang pernah Saya dengarkan pada saat acara pencarian Amal “Save Alicia” di Pantai Natsepa beberapa waktu lalu, mendengar irama dan mengikuti bait demi bait yang dilantunkan, jujur Saya sangat terpesona dengan bait-bait yang berima, pola budaya “Kapata” yang muncul hingga saat pada refrain lagu, Saya tersentak, mereka – MHC, The Embal’s dan semua orang – melompat-lompat sambil berteriak penuh semangat “Lawamena! Resi-resi o.. Nunusaku! Resi-resi o.

Setelah acara amal itu selesai, saya pun bertanya-tanya tentang lagu itu lewat obrolan2 ringan dengan mereka tentang lagu itu, “Lagu ini baru jadi sa, masih balom sempat rekaman lai e, sound card ada rusak” begitu jawaban yang aku terima. Waktu pun berlalu, saya pun sempat melupakan tentang lagu ini, dan tiba-tiba saya terkejut ketika lagu yang membuat penasaran ini dijadikan Tema diskusi oleh para musisi, penyanyi dan penyair yang berasal dari berbagai komunitas diantaranya Komunitas Hip-hop, Jazz, Reggae dan Komunitas Bengkel Sastra Maluku yang berlansung di Paparisa Maluku HipHop Community dikawasan Aer Salobar karena dianggap sangat bermakna bagi anak-anak muda Maluku dan terdapat pesan-pesan bijak dalam budaya kapata2 Maluku.

Bagi saya, ada banyak hal yang menarik dari lagu ini. Selain musik, yang tentunya sudah membuat diriku terpesona*halah*, menarik karena lirik yang digunakan pada lagu ini menggunakan Kapata Maluku sebagai kekuatan dalam tiap bait yang didendangkan, Kapata yang merupakan Penutur Sejarah Masyarakat Maluku, yang mengajarkan tentang Sang Pencipta, tentang Alam, tentang kehidupan sesama manusia dll, yang pada jaman sekarang semakin terlupakan oleh sebagian besar masyarakat Maluku.

Dan lagu ini secara cerdik memasukkan kapata-kapata Adat yang sakral seperti “Sei hale hatu, hatu lisa pei, Sei lesi sou, sou lisa ei” atau bila diartikan sebagai “Barang Siapa mencoba membalikkan Batu, Maka Batu akan menindisnya, Barang siapa yang melanggar Sumpah, Sumpah akan membunuh dia”. kalimat ini adalah kalimat sakral yang diucapkan dalam pengukuhan Pela – Gandong, kalimat yang secara bebas dapat dipahami sebagai peringatan bagi sesama saudara “Gandong” ataupun “Pela” untuk selalu merasa mereka adalah saudara dari satu nenek Moyang “Alif Uru” dari Nusa Ina, yang melanggarnya akan menerima hukumannya.

Dan seperti dituturkan Morika tentang konsep lagu ini “Lagu puritan ini mengadopsi “kapata Lawamena” sebagai titik awal pemurnian Maluku saat ini yang berarti manusia maluku juga patut belajar dari warisan dulu yg sebenarnya kaya nasihat dan pengajaran yg baik“. apa itu Kapata Lawamena? Lawamena dalam bahasa tana dapat diartikan sebagai Tuhan Maha Tinggi atau Sang pencipta yang menguasai langit dan bumi, Upu Langite dan Upu Lanite. berawal dengan Lawamena, berserah diri kepada Sang Pencipta, yang Maha Tinggi, Yang Menguasai Alam beserta isinya untuk membangun Maluku lebih baik. Saat ini mungkin anak Maluku hanya mengenal “Lawa Mena Haulala” sebagai salah satu slogan kebanggaan Kodam Pattimura, Lawamena hanyalah menjadi kata-kata tanpa arti yang ditulis besar-besar tanpa tau artinya. “Dan sudah pasti artinya pun akan berbias militer hehehehe” lanjut Morika dengan bercanda. 😀

Bagi sayah ini adalah konsep yang sangat hebat, bagaimana Beta, Ale, Katong, Kamong samua dan Pemuda Maluku menilai diri sendiri untuk menghadapi tantangan masa depan, ini bukan soal kembali kepada Jaman dulu, tapi bagaimana belajar orang “tatua” mensikapi hidup, yang mewariskan nilai-nilai moral dan kebijakan-kebijakan yang dapat kita lihat, jaga, dan hidup didalamnya sampai sekarang di Bumi Maluku ini. Seperti tradisi Basudara Gandong” untuk menjaga ikatan persaudaraan anak cucu Alif Uru, yang menyebar kepulauan Maluku. “Pela” sebuah tradisi mengangkat saudara antar kampung/Desa yang tidak berhubungan Gandong sehingga rasa persaudaraan sesama warga antar desamakin terjaga, Tradisi Adat “Sasi” sebagai bentuk penghormatan terhadap Alam dengan menjaganya, tidak mengambil secara berlebihan. Juga konsep kepemimpinan ala “Upulatu dan Inalatu” sebagai teladan bagi seluruh Masyarakat Maluku.

Lirik lagu “Puritan

Apa itu Maluku ? Apa itu satu ?
Apa Nunusaku ? Apa hati batu ?
Apalai guling sudara bikin jatu
Pica sambilang lima jadi sapuluh satu

Dari bermula tolak sekolah
Sambunyi hidop bae, macam deng lola
Merdu game-game panggil para maueng
Lebe parcaya orang laeng buang tali kaeng

Pameri jalang bikin bae par maraya nae
Sapa yang mo nae lae kele nae bikin bae
Bikin bae jang tarbae jangang bikin rusak
Kalo laeng deng laeng su bikin gae

Sei hale hatu, hatu lisa pei
Sei lesi sou, sou lisa ei
Sapa bale batu, batu gepe dia
Sapa langgar sumpah, sumpa bunu dia

(Chorus )
Lawamena ! Resi-resi o
Lounusa ! Resi-resi o
Lawamena ! Resi-resi o
Lounusa ! Resi-resi o

Pata Siwa, Pata Lima
Siwalima akang ada bukang par cuma-cuma
Dolo akang rasa, sakarang seng sama
Lupa siwa lima, lupa ina ama

Donci kas hidop hati barsi yang su mati
Bacari-cari arti kas nae poro kamboti
Ba lur kiri kanang simpan dalang tangan
Tar mau tau loko babuang sagu satumang

Rabe biji mata, buka la lia
Tar bisa ilang malakat batu deng bia
Lalu kanapa ? La ada apa ?
Sungsang sandiri seng mau tau sapa-sapa

La bataria leka, heka-leka
Bunu lahir baru suka ganti duka
Moyang bataria samua sia-sia
Lebe bae Nunusaku ilang dari dunia

Dan jika di Indonesiakan secara Bebas cem beginilah kira-kira
Apa itu Maluku ? Apa itu satu ?
Apa Nunusaku ? Apa hati batu ?
Apalagi menggulingkan Saudara buat jatuh
Pecahkan Sembinlan lima jadi sepuluh satu

Dari awal berangkat sekolah
Menyembunyikan hidup seperti Lola
Merdu melambai memanggil para maueng
Lebih percaya dengan orang lain lalu melempar tali kain

Bersihkan jalan untuk merayap naik
Siapa yang ingin naik, peluklah ajak naik dengan baik
Berbuatlah baik jangan tidak baik, jangan bikin rusak
Kalau orang lain dengan lainnya sudah saling menggaet

Sei hale hatu, hatu lisa pei
Sei lesi sou, sou lisa ei
Siapa membalikkan batu, batu menindis dia
Siapa melanggar sumpah, sumpah akan membunuh dia

(Chorus )
Tuhan Maha Tinggi, Jangan dilanggar, melanggar Binasa!
Tanah pusaka, Jangan dilanggar, melanggar Binasa!
Tuhan Maha Tinggi, Jangan dilanggar, melanggar Binasa!
Tanah pusaka, Jangan dilanggar, melanggar Binasa!

Pata Siwa, Pata Lima
Siwalima hadir bukan karena percuma
Dulu mempunyai manfaat sekarang juga tetap sama
Lupa Siwa Lima, lupa Ibu Bapak

Lagu tentang hidup, membersihkan hati sudah mati
Mencari-cari arti hanya untuk membesarkan perut
Mengintip kiri kanan lalu menyimpan didalam tangan
Tidak mau tahu, membuang Satu Sagu tumang

Bukalah mata lebar-lebar, buka lalu lihat
Tak akan bisa hilang malaikat, batu dan Bia
Lalu kenapa ? ada apa ?
Jungkir balik sendiri tapi tak mau tau apapun

Lalu berteriak besar-besar
Membunuh yang lahir baru suka akan berganti duka
Moyang berteriak namun semua hanya sia-sia
Lebih baik Nunusaku ilang dari dunia

Lirik : Morika Tetelepta & Franz Hayaka Nendissa
(Grup Sageru From Molluca HipHop Community)

Lagu ini dibilang provokatif sebab tujuannya supaya orang muda (dan tua kalo mungkin) yang mendengar lagu ini mau mencari arti dibalik metafora dan kalimat-kalimat bahasa tanah yg katong pakai. sehingga secara tdk langung mereka juga belajar sedikit tentang bahasa tanah dan kapata“. Tutur Morika. Bentuk provokasi yang baik, provokasi untuk lebih membangun diri sendiri, lingkungan, Maluku dan mungkin saja Indonesia? kenapa tidak… 🙂

Jadi Sudahkah anda terprovokasi untuk belajar tentang Negerimu, Negeri para Raja dan Kapitan? begitu banyak pelajaran tentang makna dalam setiap kebijakan Lokal, kapata-kapata dan nilai-nilai moral yang diwariskan kepada kita namun ditinggalkan, kebijakan-kebijakan Negeri Maluku yang mulai punah diterjang budaya modern, dilupakan dan dianggap usang. Bagaimana kita dapat bangga sebagai orang Maluku, orang Ambon sedangkan kita sendiri terlunta-lunta mengenal diri kita sendiri…!!

Horomate!

#mau dengar dan dapatkan Mp3-Nya? berdoalah biar mereka cepat2 merekamnya, karena masih dinyanyikan dari panggung ke panggung sih… 🙂

Father, Blogger.

48 Comments

  1. Meski saya masih terbata-bata mengartikan isi liriknya tetapi saya kagum masih ada anak bangsa yang bersemangat.

    Semoga lagu daerah bisa lebih dikenal masyarakat.

  2. salam kenal,saya blogger dari kal-teng mau bagi2 info ttg komputer,,kunjungi blogku ya,,kalau boleh kita tukeran link

  3. wah website yg bagus untuk mempertahankan budaya maluku..maju terus..

  4. intinya jangan maen batu dan jangan bikin sumpah gak jelas yah.. :D

  5. @Pak TukangObat
    Mungkin karena disini para pemuda terlalu lama tenggelam., sehingga sekarang ini adalah saatnya untuk bergerak menyalurkan semangat itu ke hal-hal yang lebih positif pak.. walo agak terlambat tapi semoga tidak ketinggalan :)

    @Yoyon
    salam kenal juga bro.. :)

    @Pak Boyin
    makasih pak.. bukan mempertahankan, tapi sekedar mengenalkan hal2 kecil dari Maluku

    @Om Mamung
    iyah.. kalo maen batu skarang benjol dan bisa di habisin Brimob om ;))

  6. salut buat pemuda yang mengangkat nama daerahnya deh

  7. liriknya sarat dengan makna ya

  8. Bagus juga nih...Biasanya orang2 muda lebih mudah terbakar semangatnya melalui lagu :)

  9. Lagu yang indah
    Meneguhkan kembali arti tanah leluhur
    Satu Maluku
    Dalam Indonesia

  10. liriknya bener2 menarik, mengajak kita untuk sedikit merenung...!!! tapi klo kebanyakan merenung gak ada geraknya...sama aja...!!!

    Salut buat almascatie, udah ngingetin aku tuk bangga dan mulai untuk lebih mengenal daerahku...!!!

    salam kenal teman...!!!

  11. Berharap maluku tetap berada di pangkuan Ibu pertiwi

  12. lagu daerah tapi bermuatan pikiran positif secara nasional,,
    saya mengartikan kalau mau jadi pemimpin jadilah pemimpin yang selalu ingat ama rakyat yang udah memberi jalan, jangan tidak menepati janji-janjinya, nyampai diatas juga jangan suka main sikut,, benar ga sih hehehe

  13. kunjungan perdana
    salam hangat dari blue

  14. nice blog :)

    Mari majukan terus budaya daerah agar tidak terkikis oleh perkembangan jaman,

    *salam kenal*

  15. Salut banget sebagai putra daerah harus menjunjung tinggi daerahnya salam sumpah pemuda :)

  16. salut..seorang putra daerah harus menjunjung tinggi dan manjaga nama harum daerahnya...salam sumpah pemuda :)

  17. nunusaku itu maksudnya apa seperti kepulauan ya?

  18. mencintai produk lokal.. siip.. lanjutkan mas! :)

  19. @Bu Dina
    Makasih bu.. :)

    @Angel
    sangat.. sangat sarat bermakna bagi kami orang Maluku hehehe

    @Pak Kakain
    iyah pak.. semoga mereka terlecut untuk belajar daerahnya sendiri dan mmbangun masa depan untuk mereka dan juga Maluku :)

    @Achoe
    Terima kasih bro.. belum sampai meneguhkan.. masih mencari dan memahami tentang pesan2 yang telah lama tertanam dalam Rahim Bumi Maluku.

    @j4j

    liriknya bener2 menarik, mengajak kita untuk sedikit merenung…!!! tapi klo kebanyakan merenung gak ada geraknya…sama aja…!!!

    untuk pendengarnya.. merenung adalah langkah awal, Morika dan Frans serta teman2 dari MHC dll telah bergerak satu langkah didepan, apakah beta, ale, akan berhenti di merenung saja? hehehe hayo semangat! :))
    sama-sama.. salam kenal jga yah :) dari Ambon juga kah?

    @Pak Achmad Sholeh
    Berharap maluku tetap berada di pangkuan Ibu pertiwi

    "Maluku Tanpa Indonesia Bukan Maluku, Indonesia tanpa Maluku bukan Indonesia"
    Pernyataan Pak Achmad telah dijawab oleh Bung Karno beberapa puluh tahun silam, dan kata2 itu masih tetap berada di hati orang Maluku sampai saat ini, semoga Indonesia pun tak lupa itu. heheheh :)

    @Pak Dobleh
    salam kenal pak.. makasih udah berkunjung.

    @Pak Iccuz
    makasih bro.. :) salam!

    @Ibu Ummu
    terima kasih bu. mungkin kami harus banyak belajar dari darah lain yang telah lebih dulu maju dari kami.

    @Julie
    nunusaku itu maksudnya apa seperti kepulauan ya?

    Pertanyaan menarik nih.. secara singkat Nunusaku bisa disebut sebagai Nusa Ina (Pulau Ibu) yg sekarang bernama Pulau Seram, asal mula semua orang maluku dari sana..
    Akan tetapi arti lebih dalam dan lebih tepat dapat dibaca di Buku "URU SON OF THE SUNRISE" terbitan tahun 1983-1984, dibuku itu dikatakan :
    Nunusaku dimaksudkan sebagai Pohon Beringin (Buyan Tres) . Tetapi Nunu Saku sesuai penjelasan tradisionil lebih menyerupai pohon popythea seperti jenis yang di gambarkan oleh A.R Wallace (Malay Archipelago 1869.p.64). Disini Pula "Alif Uru" atau "Manusia Awal" dilahirkan dari Bapak Matahari = Upu Tahola dan ibu Bumi : Upu yama ese, tempat kelahiran "Alif Uru" inilah yang disebut sebagai NUNUSAKU
    Simbol Nunusaku digambar berbentuk matahari dengan empat arah mata angin dan Makna Nunusaku ini pun menjadi kerangka dasar dari filosofi siwalima, pata siwa pata lima orang Maluku sekarang ini

    @Pak Azaxs
    terima kasih pak, kalo bukan kita siapa lagi ? ahahahha

  20. wah blognya keren..bagus... artikelnya menarik :) salam kenal..

  21. walopun saya bukan orang maluku,, tp saya seneng ada yg bisa melestarikan budayanya,,, lanjutkan!! :D

  22. Yg versi rocker ada gak oom?? :lol:

  23. Nyang penting komen dulu ah.

    *balek ke halaman MHC Song Download*

  24. @sibair
    makasih bro..

    @Edda
    melestarikan? bukan kata yg tepat kali yah.. bagi sayah mungkin belajar tentang masa lalu untuk masa depan.. heheheh

    @Adiet
    Nasyid juga ada lho *asah golok*

    @Eldani
    beuh.. mirip alex kali kau nih kawan ahahahhaha

  25. terima kasih atas sharingnya bro. saya sebagai Ambon Kaart sangat senang membaca postingan ini karena bisa belajar hal yang baru tentang budaya dan pemikiran orang Maluku. Wah, jadi semangat untuk menggali lebih jauh lagi :D

  26. Beta punya 2 kawan yg berasal dari Ternate...

    Mereka orang yang penuh semangat dan gemar berolahraga, plus baik hatinya...

  27. Semakin kaya bangsa kita dengan keberagaman...
    Jangan kucilkan keberadaannya.
    MARI BERSATU.

    Jangan sampai negeri kita justru dikuasai oleh keberagaman etnis yang bukan dari bangsa kita sendiri.

  28. Saya belum pernah ke Maluku...di bandara Ambon hanya sempat transit, itupun 15 tahun yang lalu.

    Banyak budaya daerah yang menarik untuk terus dilembagakan....

  29. maluku, eh salah malu aku

  30. @indrobrad
    eh Ambon Kaart masih berlaku kah? ahaha warisan yg kurang bagus tuh,pengkotakan dan pembedaan orang sahaja :)

    @Pak Imam S
    salam pak.. dan setelah itu sekarang punya teman dari Ambon di dunia maya ahahaha :)

    @Bu Edratna
    aduh lama sekali yah bu... mungkin tidak hanya sekedar dilembagakan tapi difungsikan sehingga generasi dapat mengetahui hal itu

    @Pak SOeb
    hahahaha.. salam kenal pak.

  31. Hm..
    Jadi terinspirasi pingin bikin blog spesifik tentang budaya...

  32. saya mw mp3 nya..pingin dengerin..kalo ada..share link nya ya.. ^^

  33. maluku memang terkenal dg suara²nya yg khas dan merdu..
    saya juga ada beberapa lagu maluku yg saya suka, tp sayang lupa judulnya...

    salam, ^_^

  34. @Pendarbintang
    hayok dibikin.. :) ditunggu yah

    @Chiekbvo
    arti namanya apa yah? :D
    duh, mp3 nya mungkin masih 2 bulan lagi nih.. teman2 MHC masih serius buat album kompilasi kalo ga salah sih, gabungan Rapper Ambon di belanda sama Rapper dari ambon sendiri :)
    nanti lah kalo sudah ada dikabarin.. makasih.

    @Didien
    salam kenal pak.. yah tapi itu ga termasuk sayah kok pak ahahhahha

  35. ^_^

    salam kenal ...
    hmm ...
    bangga dey dengan jiwa nasionalisnya ...
    keep our friendship ...
    salam dari jakarta ,,,

  36. ga ada link donLot lagunya ya?
    padahaL pengen denger kayak apa lagunya...

  37. lagu itu konon mengandung bahasa universal, mas almas. liriknya bisa mengandung kekuatan dahsyat utk membangun kedamaian dan semangat hidup. semoga "puritan" bisa menjadi inspirasi maluku utk menggapai masa depan yang lebih baik. salam.

  38. kunjungan balik

    smangat untuk tetap lestarikan budaya bangsa :D

  39. lagu memang bisa menjadi media kuat untuk merubah pola pikir manusia
    saya salut, para seniman Maluku bisa melakukan hal positip seperti ini
    semoga para penulis lagu yang lain, bisa berpikir dan melakukan hal yang sama.

  40. biasanya ini akan terasa leih akrab jika di iringi dengan Honolulu March, Hula Blues, Fascinating Rhythm dan Blue Hawaiian... hueheehhe.. keren keren :)

  41. @Bu Adia
    salam kenal.. belum bisa disebut jiwa nasionalis, mungkin hanya mencoba mengerti tentang daerahnya sendiri saja. salam dari Ambon


    @Pak Hari Mulya
    lagunya belom direkam pak. masih dinyanyikan dari panggung ke panggung, mereka masih konsen utnuk buat album kompilasi nih pak.. :)

    @Pak Sawali

    lagu itu konon mengandung bahasa universal, mas almas. liriknya bisa mengandung kekuatan dahsyat utk membangun kedamaian dan semangat hidup. semoga “puritan” bisa menjadi inspirasi maluku utk menggapai masa depan yang lebih baik. salam.

    Setuju pak. makasih :)

    @Titu
    balik berkunjung :)
    terima kasih.

    @Lyna
    teman2 dari daerah lain mungkin sudah beranjak ke Ranah lain, proses macam ini mungkin sudah terlewati oleh mereka, kami disini baru memulai.. :) makasih

    @Genial
    hahahha... kalo itu berarti master2 seperti Om Bing Lewakabesy, Massada, Kapata, Rugubert *eh bener namanya ga yah* om Yopie Latul boleh masuk tuh

    ada kok lagu Hawaian jaman dulu yang diaransemen dengan irama Hip Hop, judul lagunya "Gepe-gepe" penyanyinya sayah lupa..

  42. salam kenal, kunjungan balik ditunggu

  43. He he he
    aku menemukan Cinta Indonesia di sini...
    dengan membaca artikel ini serasa sedang berpetualang di sana...

    salam kenal

  44. @Ramlan
    salam kenal juga...

    @Ahsanfile
    terima kasih.. maluku untuk Indonesia.

  45. hello there and thank you for your information – I’ve certainly picked up something new from right here. I did however expertise a few technical points using this website, as I experienced to reload the web site lots of times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your web host is OK? Not that I am complaining, but sluggish loading instances times will sometimes affect your placement in google and could damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my email and can look out for much more of your respective fascinating content. Make sure you update this again soon..

  46. Thanks so much for providing individuals with an exceptionally breathtaking chance to read from this blog. It really is very terrific and as well , jam-packed with fun for me personally and my office co-workers to search the blog not less than 3 times weekly to read the new secrets you will have. Of course, we're at all times amazed with the brilliant inspiring ideas you give. Certain 3 ideas on this page are clearly the very best I've had.

  47. Do you people have a facebook fan webpage? I looked for for one on facebook but couldn't locate it, I would really like to become a fan!

Leave a Reply