Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Molluka HipHop Community

17 Jan Posted by in Ambon, Maluku, Musik | 77 comments
Molluka HipHop Community

Maluku kembali manis keadaan yang seperti ini yang harus dijaga sampai selamanya tak ada lagi acang deng obet, kami anak maluku manusia maluku yang otentiki yang membangun kemalukuan kami ditengah porak-porandanya reruntuhan.

(“Ketika Badai Pergi” Smerlap, Marvia, ‘Zabin N Morika MHC)

Lirik pembuka “Ketika Badai Pergi” yang didedikasikan untuk mengenang kembali peristiwa kelam Maluku 10 tahun silam, sebuah lagu yang diluncurkan sekaligus bertepatan dengan perayaan Gong Perdamaian di Maluku, sebuah lagu berirama HIP-HOP yang bisa dianggap sebagai  corong untuk teriakan hati anak negeri ini.

coverLogo MOLUKKA HIPHOP COMMUNITY

MHC merupakan sebuah komunitas lintas batas bagi siapa saja yang  mencintai Maluku & HipHop, anggotanya yang tersebar di beberapa kota di Indonesia membentuk grup-grup hiphop sendiri yang secara mandiri mengeluarkan lagu-lagu mereka dan dishare secara gratis melalui internet, selain grup-grup yang sudah dibentuk seperti The Bakutumbu (Jogjakarta), EightBall / 8Ball (Jogjakarta), Bakutumbu Clan (Jakarta), Karebounce (Jakarta) dan Sageru (Ambon) mereka pun merilis lagu-lagu entah bersolo karir maupun duet antar grup yang sudah terbentuk, bebas lepas dan tidak terlalu terikat. hal ini dapat dilihat pada Lagu “Maluku Panggel Pulang” sebuah lagu yang bercerita tentang kerinduan terhadap tanah maluku, yang digarap secara bersama oleh Ambonwhena (Belanda) Sageru, MHC Artis, Kreatifistas mereka dalam  menciptakan beat-beat sendiri, mereka pun secara inovatif membongkar ulang lagu-lagu yang lagi ngetop seperti “im yours”, “River Babylon”, dll, juga dengan ciamik lagu-lagu lama ambon seperti “Sio Mama” diarensemen ulang dan menelorkan lagu yang indah.

sageru

Sageru – Salah Satu Grup HIP-HOP dari Maluku

Rasa persaudaraan, kekeluargaan, senasib dalam kebersamaan yang mereka bangun dan dijaga dapat kita lihat pada lagu “ketika Kami Kembali” sebuah lagu tentang kehangatan tanah Maluku, kehidupan bersaudara dan lagu ini pun patut diacungi jempol atas karya yang digarap keroyokan oleh 17 orang dalam ‘Satu beat Satu mic Satu darah’ kata mereka, menghasilkan lagu yang penuh nuansa berbeda, perhatikan saja liriknya :

Kembali kaki berpijak menyapa bumi siwalima
Sekian waktu terpaut jauh lama terpisah
Tersisa kisah yang dulu terlukis indah
Memori itu selalu menyap a dengan sempurna
Hidup basudara semangat satu darah
Warnai hari bersahaja penuh etika
Ini dinamika terus berlaku bahwa maluku tetap manis setiap waktu

Teringat Kehangatan persaudaraan
Hingga kerinduan tanah maluku selalu ada
Menghantarkan kaki menuju negeriku
Bertemu saudara di maluku tercinta

(Ketika Kami Kembali :MHC)

Album Maluku Island Vibes

Setelah sekian lama tak menelorkan Album (atau sayah yang ga tau) kemunculan “Maluku Island Vibes” seperti air bagi para pecinta Hip-Hop Maluku untuk mengkoleksi lagu-lagu Hip-Hop terbaik maluku, Album ini bagi saya mungkin album terbesar lintas negara yang digabung menjadi satu album.  “Dengan mengangkat hits seperti Maluku Panggil Pulang – Ambonwhena ft. Sageru & Agil, Prod. By: Mo Charizma serta Satu Darah – Tanman. Sebuah album kompilasi yang dipersembahkan oleh rapper-rapper Maluku, produser-produser, serta penyanyi-penyanyi International dengan ao (originiel artiest): SAGERU / AMBONWHENA / 8BALL / THE BAKUTUMBU / TANMAN / MHC / Rogero dan banyak lagi. Lagu-lagu yang ada dalam album ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan pemuda Maluku dan nilai-nilai budaya Maluku.


Semua artis dan penyanyi yang terlibat dalam album ini berasal dari berbagai pulau-pulau di Maluku, mereka dengan satu hati merasa bahwa mereka bersaudara dengan perlambangan tiga jari diangkat keatas sebagai perwakilan tiga kelompok besar pulau-pulau di Maluku (Utara, Lease, Tenggara jauh)“. ALbum ini dapat di download disini “Maluku Island Vibes”
Lagu-lagu di album ini diantaranya : Beta Berlayar Jauh / Arles Ft Ndee & Ambonwhena, Maluku Panggil Pulang / Ambonwhena Ft. Sageru & Agil, Sio Mama / 8Ball, Amper Kalalerang / MHC, Ketika Kita Kembali / MHC, Sopi Dari Molukka / The Baku Tumbu, Kajahatan / Ambonwhena Ft. The Baku Tumbu, Beta Cinta Ale – Ik Hou Van Jou (REMIX) / Agil Ft. Edeck, Rumble In The Jungle / Ambonwhena Ft. Furiuz Stylez, Nasehat Untuk HipHop Banci / Edeck, Pardidu / Idroezt Oncy Ft. Ececk. Dll.

rapformasi3Ada satu album Favoritku sendiri, sebuah album lama yang diluncurkan sekitar tahun 2006-2007, Album yang dilabeli “RAPublik Molluka“, album yang berisi 10 lagu ini setidaknya bagi aku sendiri mempunyai konsep yang cukup kuat, album yang dibuka dengan irama etnik dan teriakan penuh semangat ala Cakalele Maluku (intro) dan kemudian mengalir lagu-lagu yang sepertinya disusun berdasarkan rangkaian sebuah cerita dimulai dari Tabaos Voor Maluku, Chaotic Rhimec, Confession For Mollucas, Mangente Pesta, Panta Bensin, HIPHOP MALUKU, Mic Check dan Ambonnese Thug yang kemudian ditutup dengan manis dengan Outro seperti awalnya.

Forget dong bilang orang ambon lugu
Philosophy like beta pung batang sagu
Skill high like a sky maar katong tar balagu
Rappin mulu seng gagu tar bisa dapa ganggu

****** **** sapa bilang ambon seng bisa
Kas lahir playa so ale rasa beta rasa
Thug life tiap hari katong su kanyang makang
Lifestyle gangsta seng usa tanya akang (Ambonnese Thug : 8ball Feat Morika)

egihbal
Album ini mampu menceritakan kondisi Maluku dewasa ini, dari kehidupan politik, nepotisme, korupsi dll kemudian kita diajak untuk menikmati gaya hidup anak muda maluku pada ‘mangente pesta’ maupun ‘panta Bensin’ namun tidak berhenti sampai disitu, mereka pun meneriakkan kemarahan, kegusaran dan ketidak puasan untuk memberikan kritik kepada siapapun dan cita-cita mereka lewat lagu-lagu mereka.

ajpf

MHC ketika manggung di Ambon Jazz Festival 2009

Seperti lirik-lirik yang disuarakan dan mungkin bisa aku bilang sebagai salah satu motto, filosofis atau apapun namanya yang membuat mereka berkumpul dalam sebuah komunitas yang mencintai lagu-lagu berirama HIP-HOP, melupakan segala perbedaan yang membuat mereka tersekat, melupakan perbedaan untuk membangun Maluku.

Maluku Satu Darah!!!

[Silahkan Untuk Mendowload MP3 Lagu-lagu Lainnya disini]

 

77 comments


Leave a comment